Cara Mendaftar Sertifikasi SNI CHSE di Tahun 2022?

Sertifikasi SNI CHSE di Tahun 2022 oleh rurydermawan.id

Pada tahun 2020 dan 2021, pemerintah dalam hal ini adalah Kemenparekraf(kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif) mengadakan program sertifikasi CHSE(Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability). Program sertifikasi CHSE ditujukan kepada para pelaku usaha pariwisata untuk dapat mendapatkan kepercayaan konsumen selama pandemi Covid-19. Pada tahun 2021-2022 program sertifikasi CHSE ditingkatkan menjadi sertifikasi SNI 9042:2021 Skema CHSE atau SNI CHSE 9042:2021. Ayo cari tahu lebih lanjut mengenai Cara Mendaftar Sertifikasi SNI CHSE di situs rurydermawan.id.

TENTANG SERTIFIKASI SNI CHSE 9042:2021

Tentang CHSE oleh rurydermawan.id

Kemenparekraf(Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) bekerjasama dengan BSN(Badan Standarisasi Nasional) menetapkan Standar Nasional Indonesia atau SNI pada program CHSE. Saat ini(24 November 2022) program CHSE 9042:2021 kembali diadakan oleh Kemenparekraf secara GRATIS!

Kenapa harus Mendaftar Sertifikasi SNI CHSE 9042:2021? Pelaku usaha harus dapat memberikan jaminan CHSE kepada konsumen/wisatawan dalam mendapatkan layanan yang ditawarkan. Sebagai pembuktian, sertifikasi CHSE juga memberikan kepastian bahwa pelaku usaha memiliki SOP dan cara kerja yang baik, sehingga konsumen/wisatawan dapat menikmati seluruh produk dan atau jasa yang diberikan.

SNI CHSE juga memberikan jaminan kepada karyawan serta mitra bahwa pelaku usaha menjalankan CHSE dengan baik dan sesuai dengan Standard Nasional Indonesia(SNI). Sertifikasi CHSE juga dibutuhkan sebagai daya saing pelayanan prima kepada calon konsumen sebelum mereka memutuskan pembelian. Calon konsumen akan sangat mempertimbangkan keputusan pembelian sehingga memiliki dan menjalankan pedoman SNI CHSE 9042:2021 menjadi salah satu faktor pendukung bisnis Anda bersaing.

Pedoman CHSE di rurydermawan.id

Ada banyak indikator penilaian yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha pariwisata untuk mendapatkan SNI CHSE 9042:2021. Para pelaku usaha harus dapat memenuhi semua pencapaian indikator penilaian. Jangan sampai ada ketidaksesuaian selama penilaian(audit) berlangsung. Hingga nanti pelaku usaha tetap menjalankan pedoman SNI CHSE dengan baik sampai pada masa berlaku yang telah ditentukan.

Cara Mendaftar CHSE?

Anda para pelaku usaha pariwisata yang memiliki usaha pariwisata tersebar di seluruh Indonesia dapat mendaftarkan usaha nya. Terdapat delapan kategori pelaku usaha yang perlu mendaftar SNI CHSE. Anda diharuskan membuat/registrasi akun terlebih dahulu(REGISTRASI DISINI). Setelah registrasi, silahkan Download Pedoman dan mulai mengisi profil usaha Anda.

Pendaftaran Sertifikasi SNI CHSE 2022

Jika sudah melengkapi bagian profil dan memiliki pedoman SNI CHSE maka, Anda langsung melakukan penilaian mandiri terhadap usaha parwisata yang masih aktif dari sisi legalitas nya(dibuktikan dengan NIB).

Adapun para pelaku usaha yang dapat mengikuti program meliputi:

  • Pondok Wisata,
  • Tempat Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi dan Pameran (MICE),
  • Daya Tarik Wisata,
  • Restoran/Rumah Makan,
  • SPA,
  • Tempat Penjualan Cinderamata dan Oleh-Oleh,
  • Arena Permainan, dan
  • Hotel.
Daftar Pelaku Usaha yang Dapat mengikuti Sertifikasi SNI CHSE 9042-2021

Apa saja syarat untuk mendapatkan bantuan program sertifikasi SNI SKEMA CHSE 9042:2021 secara gratis?

  1. Tergolong Usaha Mikro atau Kecil,
  2. Pelaku Usaha Belum Pernah mendapatkan program pembiayaan sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf sebelumnya(Tahun 2020/2021), dan
  3. Pelaku Usaha Memiliki NIB(Nomor Induk Berusaha) untuk 1 NIB 1 Tempat Usaha.
Logo SNI Indonesia Care Kemenparekraf

Nah, demikianlah Informasi Cara Mendaftar Sertifikasi SNI CHSE Gratis di Tahun 2022. Jika ada pertanyaan atau membutuhkan konsultasi dapat berkunjung ke Mutu International sebagai salah satu LSUP yang berpengalaman dalam melakukan kerja bersama melakukan Sertifikasi CHSE dari tahun 2020/2021 bersama dengan Sucofindo dan Tuv Rheinland.

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Verified by MonsterInsights