Cara Membuat Tour Quotation

Cara Membuat Tour Quotation

Sebelum ini Saya sudah membuat artikel tentang 3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan untuk rencana wisata di tahun 2020. Nah, sudah ada itinerary tentu yang harus dilakukan adalah membuat rencana anggaran pengeluaran paket wisata(tour quotation). Tujuan dari Cara Membuat Tour Quotation adalah mempersiapkan dan mengantisipasi kebutuhan biaya selama wisata berlangsung.

Loh, memang nya Saya perlu membuat tour quotation? Ya, sangat diperlukan untuk estimasi berapa pengeluaran Kamu selama tour. Tentunya tour kan berhubungan dengan seberapa besar kemampuan dan kebutuhan Kamu selama tour berlangsung.

Nah, semakin besar kebutuhan yang akan Kamu capai selama liburan pasti mempengaruhi berapa besar kebutuhan biaya nya. Jangan sampai kebutuhan Kamu terlalu besar dibandingkan dengan kemampuan biaya liburan. Saya akan memberikan Cara Membuat Tour Quotation untuk melengkapi persiapan liburan Kamu.

 

Menentukan Biaya Variabel Tour Quotation 

Dari sekian banyak cara membuat tour quotation, Saya akan memberikan contoh yang bisa Kamu gunakan untuk acuan Cara Membuat Tour Quotation. Variabel biaya yang harus Kamu ketahui ada dua yaitu variable cost dan fix cost. Variable cost yaitu biaya tak tetap yang dapat dibagi sesuai dengan jumlah peserta dan dapat berubah. Sedangkan fix cost adalah biaya tetap yang tidak dapat dibagi peserta dan tidak dapat berubah.

Sebagian contoh dari biaya variabel adalah biaya sewa transportasi(mobil rental, perahu), akomodasi penginapan(quad share, twin share, villa, cottage). Terkadang konsumsi juga bisa dibagi beban nya jika memasak sendiri. Sebagian contoh dari biaya tetap adalah tiket masuk obyek wisata, transportasi(pesawat, kereta api), konsumsi(jika di restoran), biaya toilet, asuransi.

Hal yang dapat Kamu lakukan dalam membuat tour quoatation adalah menentukan variabel-variabel yang ada. Kamu segera membuat daftar variabel apa yang selama liburan nanti akan digunakan. Baik, yuk kita membuat daftar variabel nya terlebih dahulu:

Saya akan memberikan contoh Cara Membuat Tour Quotation  ke Bandung selama 2D1N untuk 5 peserta. Berikut daftar variabel kebutuhan selama liburan:

  1. Sewa mobil avanza 2 hari(Jakarta – Bandung – Jakarta) Rp 550.000/24 jam,
  2. Biaya bensin(Jakarta – Bandung – Bandung city tour – Jakarta) Rp 400.000/2D,
  3. Biaya toll(Jakarta – Bandung – Jakarta) Rp 150.000,
  4. Biaya parkir selama liburan(12x parkir) Rp 120.000,
  5. Tiket masuk obyek wisata:
    • Lembang: Farm House(D1) Rp 22.500 by Traveloka,
    • Lembang: Orchid Forest(D1) Rp 30.000 + mobil Rp 10.000,
    • Lembang: Tebing Keraton(D1) Rp 15.000 + mobil Rp 10.000,
    • Bandung Kota: Saung Angklung Udjo(D2) Rp 67.900 by Traveloka,
    • Bandung Kota: Trans Studio (D2) Rp 180.000 by Travelspromo.com,
    • Belanja: Sepanjang Dago.
  6. Konsumsi:
    • D1: Lunch, Dinner (Rp 65.000/pax/makan)
    • D2: Lunch, Dinner (Rp 65.000/pax/makan)
    • Snacks Rp 200.000.
  7. Asuransi 2 Days(By Jaga Diri Rp 15.000/bln),
  8. Akomodasi:
    • Villa Gardenia Bandung(Deluxe Room, 2 Bedrooms By Traveloka) Rp 1.485.017,
  9. Obat-obatan Rp 100.000,
  10. Biaya jaga-jaga Rp 300.000.

*Harga merupakan hasil pencarian pada tanggal 20 Januari 2020 pukul 10:00 WIB

 

Setelah menjabarkan daftar variabel di atas, Kamu tentunya akan lebih mudah dalam menghitung biaya liburan. Sehingga langkah berikut ini adalah memasukan data variabel di atas ke dalam penghitungan tour quotation nya. Dengan menggunakan Excel, Kamu akan dipermudah dalam penghitungan biaya tersebut.

 

Menghitung Tour Quoatation Dengan Excel

Nah, langkah berikutnya dalam artikel Cara Membuat Tour Quotation adalah memasukan semua komponen tersebut ke dalam lembar kerja Excel. Lebih praktis nya langsung saja di Google Drive supaya semua peserta dapat melihat dan update perhitungan nya. Tetapi bisa juga ko di buat di Excel terlebih dahulu, setelah itu di copy-paste di Google Drive.

Ada banyak cara untuk membuat format cell di Excel salah satunya adalah yang Saya buat(sudah digunakan selama bekerja di travel agent). Seperti di bawah ini langkah-langkah nya:

 

Gambar Membuat Format Cell

Format Cara Membuat Tour Quotation
Format Cara Membuat Tour Quotation

Membuat format cell bertujuan untuk membuat tour quotation rapih dan enak dipandang. Saya menyediakan format kosong yang dapat Kamu rubah format nya sesuai kebutuhan. Dikarenakan tidak ada aturan baku mengenai tour quotation tersebut, Kamu dapat merubahnya sesuai dengan liburan Kamu.

 

Gambar Memasukan Variable Cost di Dalam Keterangan

Memasukan Komponen Variable Cost
Memasukan Komponen Variable Cost

 

Keterangan variabel yang sudah Kamu buat di atas hanya tinggal dimasukan ke dalam tabel saja. Tentunya mudah kan, soalnya kan Kamu sudah menentukan keterangan dari semua kebutuhan liburan Kamu. Jangan sampai ada yang terlewat yaa.

 

Gambar Memasukan Fix Cost di Dalam Keterangan

Memasukan Komponen Fix Cost
Memasukan Komponen Fix Cost

Pada tahap ini, Kamu tinggal memasukan komponen biaya di setiap keterangan variabel yang ada. Pastikan Kamu sudah riset baik melalui artikel ulasan di website maupun di aplikasi travel seperti Traveloka, Tiket.com, Tripadvisor, bahkan Google. Pada umumnya, harga di penyedia informasi tersebut melakukan update harga di tanggal liburan pilihan Kamu.

Sebenarnya terkait dengan menentukan biaya, ada yang sulit sekali mendapatkan informasi nya. Terlebih jika obyek wisata yang di tuju adalah masih jarang yang mengulas nya. Kamu dapat menggunakan perkiraan harga di sekitar destinasi yang ada. Biasanya harga tersebut tidak jauh berbeda.

 

Gambar Menghitung Total Biaya

Menghitung Total Biaya
Menghitung Total Biaya

Pada tahap bagian menghitung total biaya, pastikan semua komponen variabel sudah Kamu masukan yaa. Teliti juga hasil di kolom variable cost dan fix cost nya terlebih lagi rumus yang digunakan. Jangan sampai salah hitung, karena bisa jadi terlalu mahal atau terlalu murah sehingga tidak presisi dalam menyiapkan anggaran liburan.

 

Gambar Mendapatkan Hasil Keseluruhan Biaya

Ringkasan Tour Quotation
Ringkasan Tour Quotation

Uhuuy! Kamu sudah mendapatkan hasil total keseluruhan biaya liburan. Anggaran biaya Kamu cukup gak segitu? Kalau gak cukup, kan masih ada waktu untuk menabung atau kurangi saja komponen variabel apa yang sekiranya tidak perlu-perlu amat.

 

Penggunaan Tour Quotation

Saya membuat artikel di rurydermawan.id tentang Cara Membuat Tour Quotation supaya Kamu yang akan traveling di permudah dalam membuat anggaran liburan. Sebagai traveler dan praktisi di industri pariwisata, Saya sangat senang berbagi salah satu ilmu ini. Penggunaan tour quotation ini dapat digunakan secara pribadi maupun bisnis perjalanan wisata Kamu.

Membuat tour quotation memang cukup menguras waktu dan pikiran karena harus riset dan menghitung biaya yang akan timbul. Tetapi jika sudah selesai membuat tour quotation tersebut, semua persiapan liburan jadi pasti. Sehingga yang harus Kamu persiapkan menuju liburan impian Kamu adalah Membuat Daftar Barang Bawaan Pada Saat Traveling!

Saya akan berbagi juga mengenai artikel Membuat Daftar Barang Bawaan Pada Saat Traveling untuk bahan acuan Kamu. Semoga setelah membaca artikel Cara Membuat Tour Quotation Dengan Mudah, dapat mewujudkan liburan impian Kamu yaa. Pastikan untuk selalu menjaga keselamatan selama liburan, stay safe first and have fun guys!

 

Silahkan Download Format Cara Membuat Tour Quotation melalui Google Drive (Klik Di Sini)

3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan

3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan

Aloha traveler! Lebih tepatnya calon traveler. Kenapa Saya bilang nya ‘calon’? Karena ini kan masih awal tahun 2020 broo, liburan 2020 masih lamaa. Yaudah lah gpp, selagi awal tahun nih masih semangat.

Saya mau menulis preparation step liburan nya dulu lah, supaya pas liburan 2020 udah tinggal go! Preparation step ketika liburan ada banyak macam salah satu nya adalah Membuat Itinerary Liburan. Kenapa sih harus membuat preparation step atau langkah persiapan liburan 2020? Yang utama agar supaya liburan kita berjalan dengan sesuai rencana, yaa walaupun 100% gak sesuai rencana, minimal gak berakhir di wacana aja sih.

Membuat Itinerary Liburan sungguh sangat menyenangkan dan biasanya yang membuat ini tour leader(ketua kelompok liburan) kalian ya gak sih. Dari mulai keberangkatan hingga kepulangan sosok tour leader ini lah yang akan mempersiapkan segalanya, sampai urusan mau kentut aja di atur. Untuk Kamu yang sukanya duduk manis dan bertugas beli cemilan biasanya jauh-jauh dari yang namanya ngurusin beginian, iya apa iya?

Yaudah, sekarang di baca baik-baik nih 3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan. Sesudah baca artikel Membuat Itinerary Liburan, nanti kalian copy-paste gpp ko, ikhlas! Asal di ajak liburan aja yaa.

  1. Essay Itinerary

    Suka mengarang bebas acuungg! Tipikal anak IPS banget nih (Ilmu Pengetahuan Sosial – Jenjang penjurusan sekolah menengah pertama). Tipe essay itinerary ini benar-benar mengarang bebas tapi terukur. Kalau gak terukur, nanti ditakutkan tour leader nya curhat pengalaman sama si mantan pas lagi liburan -_-

     

     

    Membuat Itinerary Essay. Oleh Rury Dermawan
    Membuat Itinerary Essay. Oleh Rury Dermawan

    Nah, Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Essay Itinerary biasanya akan sangat jelas dan detil, karena benar-benar diceritakan segala sesuatu nya. Contoh Membuat Itinerary Liburan Essay:

    Hari Pertama

    Budi dan Andi harus datang paling pertama di Stasiun Pasar Senin jam 19:00 WIB untuk cetak tiket kereta api (Download aplikasi KAI – Supaya gak perlu cetak tiket). Sedangkan Gita dan Rani akan menyusul kemudian dengan membawa logistik yang akan di sharing di stasiun. Gw datang agak telat dari kalian ber-empat soalnya nganterin gebetan bos makan malem sama klien kantor (tenang, makan malam gw yang traktir)

    Setelah semuanya berkumpul, Kita akan menaiki kereta api jurusan Lempuyangan, Yogyakarta untuk selanjutnya ganti kereta menuju Banyuwangi. Sarapan nya di kereta aja yaa, ada nasi goreng atau ayam geprek lumayan buat ganjelan.

    Hari Kedua

    Kita akan ganti kereta di Stasiun Lempuyangan menjadi kereta jurusan rumah mantan Stasiun Banyuwangi Kota. Masih dalam perjalanan di kereta sampai menjelang tengah malam kita akan sampai di stasiun Banyuwangi Kota pada pukul 23:00 WIB. Kita akan istirahat di penginapan sekitar stasiun, di sanana ada Mushola yang luas banget teras nya dan banyak musafir seperti kita yang akan numpang tidur.

    Kalau sudah sampai di Stasiun Banyuwangi Kota pastinya laper banget, soalnya variasi menu dan rasa makanan di kereta “B ajah”. Kalau menurut penilaian 1-10, menu makanan di kereta api nilai nya adalah 6. Di depan stasiun ada yang jual sate Madura pake lontong pokoknya ajiibbb! Sikaaatt! Baru deh cari tempat Tiduuurr!

    Hari Ketiga

    Udah bangun, udah seger udah mandi soalnya, terus kita langsung packing. Setelah itu langsung menuju ke pelabuhan Ketapang jalan kaki aja biar irit deket ko, 5 menit sampai (PHP dari tour leader mulai keluar – Biasanya team mates nya gampang di-PHP-in, soalnya belum pada pernah backpacker-an wkwkwk).

    Setelah menginjakan kaki di Pelabuhan Gilimanuk – Bali, kita cari bus yang ke arah Kota Denpasar. Jangan lupa foto-foto biar gak di sangka hoax kalo udah pernah ke Bali! Sebelum sampai di Denpasar Budi segera Whatsapp Bli I Gede (ini nama loh ya, bukan anunya eh itunya #gimanasih).

    Langsung sewa mobil avanza dan gak usah pakai driver biar bebas (walaupun tour leader nya baru sekali ke Bali, tapi PEDE aja – Soalnya pake Google dan sudah baca Itinerary Liburan ke Bali). Udah dapat sewa mobil, kita keliling Denpasar sampai GWK sampai mengejar sunset (asyik gak tuh itinerary nya). Malem nya kita santai-santai di pantai sambil makan seafood di Jimbaran.

    Selesai jalan-jalan, baru deh kita check in di sekitaran Legian buat ajeb-ajeb eh mabok eh jajan(cemilan loh ya) baru deh istirahat. Oh ya, Rani pastiin lagi voucher hotel nya udah beres ya sebelum berangkat (Download Aplikasi Traveloka biar liburan gampang). Jangan lupa kita langsung check out after breakfast sepagi mungkin, soalnya kita harus ke Bali Timur dan Bali Utara.

    Daaannn seterusnya sampai kembali lagi ke rumah masing-masing. Kalau Kamu baca dengan seksama dalam tempo waktu yang singkat lumayan tergambarkan. Mau kemana, mau ngapain aja, mau pergi sama siapa, siapa harus menghubungi siapa, harus memastikan apa aja supaya gak miss, lagi di mana, sama siapa, semalam berbuat apa #lohkokOkee Well ….. Lanjuuuttt!

    Download Format Membuat Itinerary Liburan Essay

  2. Time per Time Itinerary

    Gimana, Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Essay Itinerary panjang banget ya! Bagaimana Cara Membuat Itinerary Liburan 8 Hari coba?! Bisa-bisa benar mengarang bebas tuh. Tapi tenang, masih ada pilihan lainnya yaitu Cara Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Time per Time Itinerary.

    Kalau menggunakan Time per Time Itinerary bakalan lebih rapih dan terukur, karena menggunakan waktu di semua aspek. Selain itu, Membuat Itinerary Liburan lebih terjaga dari keterlambatan jadwal kereta/bus/kapal laut/pesawat.

    Berikut contoh Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Time per Time Itinerary:

    Membuat Itinerary Time per Time. Oleh Rury Dermawan
    Membuat Itinerary Time per Time. Oleh Rury Dermawan
  3. Gabungan Antara 1 & 2

    Nah, 3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan yaitu ketiga nya adalah gabungan antara Essay itinerary dan Time per Time Itinerary. Sebenarnya Saya lebih menyukai yang ketiga karena cukup informatif. Tambahannya hanya pada gambar/titik kordinat(jika ada) dan lebih panjang di tabel pastinya. Nih, contoh yang ketiga dalam Membuat Itinerary:

    Membuat Itinerary Mix. Oleh Rury Dermawan
    Membuat Itinerary Mix. Oleh Rury Dermawan

    Saya juga menambahkan point of interest nya di tabel supaya anggota yang malas baca langsung searching sendiri point of interest nya si destinasi atau obyek wisata. Namanya juga itinerary, masih ada potensi untuk berubah secara fleksibel. Bahkan pas liburan, itinerary juga ada yang gak kepakai hahaha.

     

    Inti dari 3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan adalah merencanakan program liburan dengan baik. Adapun kalau ada kesepakatan no plan itu lebih menantang, tapi nanti akan berhubungan dengan price quotation tour (harga paket  wisata) nya. Oh ya, ngerti gak dengan Price Quotation Tour? Kalo gak ngerti, tunggu artikel setelah ini membahas tentang Bagaimana Cara Membuat Tour Quotation yaa!

    Download Format Membuat Itinerary Liburan Mix

     

Oh ya, sekedar referensi Membuat Itinerary bisa juga menggunakan Canva untuk desain yang bagus. Soalnya kalau pakai excel kan standar, yang penting tertulis kan. Nah kalau pakai Canva lebih berwarna, ketika dibagikan kepada team bakalan gak bikin bosen. Kalau ada aplikasi bagus yang membuat itinerary kasih tau ya.

Pakai Trello kalau liburan ke destinasi yang kompleks dan membutuhkan pembagian peran yang banyak. Mengantisipasi supaya tidak ada yang terlewat lebih baik. Selain itu mengantisipasi membengkaknya budget liburan karena banyak obyek wisata yang dikunjungi diluar rencana! Sharing dong sama itinerary liburan Kamu seperti apa.

“The best survival is prepare the plan.”

 

 

 

Refleksi di Tahun Masehi Dan Tahun Hijriah

Refleksi di Tahun Masehi Dan Tahun Hijriah

Setiap yang hidup pasti terlahir, tumbuh, berkembang dan pada akhirnya mati. Di dunia setiap segala sesuatunya memiliki waktu yang terus menua mengikuti siklus kehidupan hingga kematian. Perubahan dari ada hingga menjadi tiada maupun sebaliknya perlu dicermati selama masih diberikan anugerah, tanda masih ada rasa syukur.

Refleksi akan menjadi sangat penting mengingat adanya pengakuan terhadap proses siklus kehidupan. Secara harfiah kata refleksi adalah gerakan, pantulan di luar kemauan atau cerminan sebagai gambaran. Tidak sedikit banyak orang membandingkan masa lalu dengan harapan di masa yang akan datang dengan menyebutkan refleksi atau kilas balik kehidupan nya.

Tentunya setiap manusia menginginkan kehidupan nya lebih baik dari waktu ke waktu, walaupun tidak abadi – Pada hakekat nya hidup di dunia hanya sementara dan sandiwara serta penuh rencana atas harapan. Begitu juga hitungan tahun kehidupan yang semakin dekat dengan “pensiun di dunia”. Refleksi di Tahun Masehi dan Tahun Hijriah, baik itu dalam hitungan kalender tahun masehi ataupun kalender tahun hijriah. Walaupun sekilas sama tetapi tetap memiliki makna yang berbeda.

 

Tentang Tahun Masehi dan Tahun Hijriah 2020 M/1441 H

Sistem penanggalan Tahun Masehi merupakan sebutan untuk penanggalan yang digunakan pada kalender Julian dan Gregorian ketika umat Kristiani mempercayai Yesus lahir di dunia (1 Masehi). Dalam bahasa latin dikenal sebagai Anno Domini (AD: Tahun Tuhan), pada zaman modern muncul istilah Common Era (CE: Era Umum) dan, Before Christ (BC: Sebelum kelahiran Yesus Kristus). Penggunaan kalender Masehi digunakan secara luas hingga kini untuk mempermudah komunikasi penanggalan di seluruh dunia. Walupun di samping itu terdapat juga sistem penanggalan lainnya di Indonesia seperti Hijriah, Tahun Imlek dan, Tahun Jawa.

Adapun sistem penanggalan Tahun Hijriah merupakan sebutan untuk penanggalan yang digunakan pada kalender Islam ketika terjadinya peristiwa hijrah Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 622 Masehi dari Mekkah ke Madinah. Adapun penanggalan Tahun Hijriah digunakan sebagai acuan dalam melakukan ibadah dan waktu penting Islam.

Beda sistem penanggalan Masehi dan Hijriah berdasarkan dari tokoh besar manusia yang memudahkan manusia dalam mengingat dan berpedoman dalam menjalani waktu-waktu kehidupan selama di dunia. Di dalam Islam sesungguhnya hidup ini hanyalah sementara (ngontrak) dan mencari perbekalan untuk kembali pulang ke rumah sesungguhnya yaitu kehidupan akhirat (kehidupan setelah kematian). Tentunya Kita dapat memilih sesuai dengan keyakinan apa yang akan di tempuh dalam hidup ini, menjalani kehidupan berdasarkan tuntutan duniawi atau akhirat? Atau Kita terus berusaha seimbang antara tuntutan dunia dan akhirat?

 

Semua yang Bernyawa Pasti Akan Mati

Exploring horizons - rurydermawan.id
Exploring horizons – rurydermawan.id

Jika Kita jeli dan mau memperhatikan semuanya yang ada di sekitar kita, kata-kata “Semua yang bernyawa pasti akan mati”, dari yang telah hidup hingga pada akhirnya mati. Akan di sini berarti belum terjadi saat ini, mungkin saja di lain waktu yang sudah ditentukan terjadi. Mengutip ayat Al-Quran mengenai kematian sebagai berikut:

“Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Dan Kami akan menguji kamu dengan keburukan serta kebaikan sebagai cobaan. Dan hanya kepada Kamilah kamu akan dikembalikan.” – (Q.S Al-Anbiya: Ayat 35)

Sebagai manusia yang lemah di mata pencipta Nya, tentulah kematian tidak dapat dipungkiri bahkan lari akan ketetapan Nya. Sebagai umat Islam dan mengaku beriman, harus mau dan harus siap untuk menghadapinya. Di balik himbauan terdapat solusi nya, yaitu kesabaran dan syukur atas segala ujian atas keburukan dan kebaikan yang dihadirkan kepada kita sebagai cobaan.

“Setiap yang bernyawa tidak akan mati melainkan atas izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan pahala dunia itu kepadanya, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, niscaya Kami berikan pula pahala akhirat itu kepadanya. Dan Kami akan memberikan balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” – (Q.S Ali-Imran: Ayat 145)

Sebagai bentuk wujud syukur dari manusia terletak pada usaha nya dalam mencari bekal dan terus ber-tawakal mengharapkan yang terbaik dari Allah. Karena semua kematian sudah memiliki ketetapan waktu dan tempat nya, sehingga terkadang kita dihadapkan dengan ketakutan dan kekagetan yang luar biasa. Kesedihan hanyalah ujung dari wujud manusia sebagai mahkluk yang lemah tanpa daya dan upaya tanpa adanya penolong dari Allah.

Manusia gampang terkena stres dan tidak bahagia atau belum menemukan kebahagiaan jikalau masih pusing memikirkan apalagi sampai mengganggu 3 domain Allah yaitu, Rizki-Jodoh-Mati.

Harapan selalu menjadi manis di awal, namun akan pahit jika tidak sesuai dengan kenyataannya. Sehingga terkadang kita harus mengantisipasinya sehingga kita tidak ambil pusing jikalau ada perubahan yang belum sesuai dengan harapan. Begitu juga dengan refleksi, Sudahkan Anda Membuat Refleksi di Tahun Masehi dan Tahun Hijriah?

“Allah meluaskan rizki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan di dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit).” – (Q.S Ar-Ra’du: Ayat 26)

 

Apa Sih Tujuan Manusia Hidup di Dunia?

Sekiranya dapat menjabarkan nya, pastilah sangat panjang dalam menguraikan nya dalam bentuk opini hingga referensi lainnya. Alhasil Saya akan mengacu kepada Al-Quran dan Sunnah (perkataan, perbuatan, ketetapan, dan persetujuan dari Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam) sebagai pedoman kehidupan manusia di dunia hingga akhirat nanti. Sehingga tujuan manusia hidup di dunia sesuai dengan pedoman nya, tidak asal hidup saja.

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” – (Q.S Adz Dzariyat: Ayat 56)

Puncak dari diberikan nya kehidupan kepada manusia adalah ibadah, apapun cara dan bentuk nya. Ada beragam cara dan bentuk tentunya mengikuti pedoman yang sudah diberikan agar manusia tidak melakukan hal yang diluar batas. Selain itu juga bertujuan untuk mempermudah kita untuk menagamalkan (melakukan) nya. Tentunya juga sesuai dengan kemampuan kita dalam melakukan ibadah tersebut, bahkan dengan hanya senyum kepada sesama manusia pun juga termasuk ibadah.

 

Focus - rurydermawan.id
Focus – rurydermawan.id

Ada banyak bentuk dan cara-cara beribadah yang sudah di atur dalam Al-Quran dan Sunnah. Saya pun masih perlu membaca lebih banyak kembali supaya hidup ini sesuai dengan pedoman yang diharuskan dalam rangka ber-ibadah. Memang yang paling berat adalah mengaplikasikan pedoman Nya di dalam kehidupan keseharian kita.

Tetapi, setiap manusia diberikan kemampuan dalam berfikir dan nafsu yang membuat perbedaan terhadap tujuan hidup di dunia. Setiap manusia memiliki hak untuk menentukan tujuan nya masing-masing tentunya dengan berani bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. Adapun hak prerogatif Allah sebagai pencipta manusia adalah memberikan pedoman (hidayah) berupa Al-Quran (tertulis), Sunnah (perkataan, perbuatan, ketetapan, dan persetujuan dari Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa Salam) dan, pedoman kepada manusia secara individual (langsung) bagi yang di sayangi Nya, Wallahu A’lam (hanya lah Allah yang Mahatahu sesungguhnya).

Oleh karena nya, setiap tujuan yang kita inginkan di dunia bahkan akhirat hendaknya selalu meminta petunjuk dan kasih sayang Nya Allah Subhanahu wa ta’ala. Sehingga semua tujuan-tujuan manusia hidup di dunia dapat terpenuhi, tentunya tujuan yang baik-baik ya! Ingat sabar dan syukur kunci bahagia di dunia dan sahabat kehidupan untuk meraih ketenangan jiwa dan raga – In sya’ Allah (Jika Allah mengizinkan)

“Satu bagian kecil nikmat di surga lebih baik dari dunia dan seisinya.” –  Disebutkan dalam sebuah riwayat Hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Sahl bin Sa’ad As Sa’idi.

 

Perbedaan Refleksi Tahun Masehi dan Tahun Hijriah

Sebenarnya secara kasat mata tidaklah berbeda atau kalau tidak mau pusing-pusing ber-filosofi pasti bilangnya sama aja. Tapi menurut Saya akan berbeda memaknai refleksi menggunakan Tahun Masehi dan Tahun Hijriah. Saya ber-opini bahwa karena sistem penanggalan di dunia bahkan di Indonesia lebih familiar dengan kalender Tahun Masehi, tentunya penggunaan nya lebih memudahkan.

Lalu penggunaan kalender Tahun Hijriah sangat erat kaitannya dengan waktu-waktu ibadah. Tentunya lebih mudah karena ada banyak sekali peristiwa-peristiwa Islam yang tidak dimasukan kedalam sistem penanggalan Tahun Masehi. Saya tetap menggunakan dan menerima sistem penanggalan Tahun Masehi dengan nyaman untuk urusan “duniawi”. Sedangkan untuk urusan “ibadah” Saya lebih nyaman dengan sistem penanggalan Tahun Hijriah. Tinggal disesuaikan dengan konteks nya saja.

Nah, berbicara Tentang Refleksi di Tahun Masehi dan Tahun Hijriah tentunya ada acuan atau perbandingan yang menjadikan tolak ukur, terutama soal kehidupan. Semoga saja refleksi Tahun Masehi yang lalu biarlah menjadi pengalaman untuk terus melangkah kedepan menyongsong kehidupan yang lebih baik lagi tentunya. Aktivitas yang berlangsung dari bulan Januari hingga Desember 2019 semoga membawa manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan kehidupan.

Sedangkan refleksi Tahun Hijriah semoga semakin berkurangnya umur Saya dan kita semua, semoga menjadi rangkaian perjalanan yang terhitung sebagai ibadah kepada Allah. Semakin dan selalu di sayang dan dipelihara jiwa dan raga serta dikabulkan nya do’a-do’a kita dengan tujuan baik yang kita miliki serta tujuan utama kita sebagai manusia di dunia. Aamiiin.

Selamat Tahun Baru Masehi 1 Januari 2020 / 6 Jumadil Awal 1441 Hijriah.

.

.

.

**Referensi aplikasi Al-Quran GRATIS di Android: www.thewalistudio.com | Instagram: @instawalistudio

———————————————————————————————–

Familiarization Trip ke Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil

Familiarization Trip ke Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil

Peserta familiarization trip, Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh
Peserta familiarization trip, Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh

Setelah sekian lama tidak menulis, baik itu sebagai kontributor maupun ini merupakan kali pertama Saya menulis artikel untuk Saya sendiri. Karena memang sebagian besar Saya menulis untuk kebutuhan orang lain maupun untuk bisnis yang pernah Saya berkecimpung di dalamnya. Nah, dalam kesempatan yang sangat dinantikan akhirnya Saya menulis di situs web Saya pribadi untuk pertama kalinya.

Tulisan pertama yang agak serius sedikit ini menceritakan pengalaman perjalanan pada saat Kegiatan Familiarization Trip ke Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh pada tanggal 7 Desember 2019 sampai dengan tanggal 10 Desember 2019. Saya akan memberitahukan gaya penulisan di awal ini sebagai jurnal yang berdasarkan hasil pengamatan langsung (observation partisipant) dan menjabarkan nya dalam bentuk opini pribadi dan menggunakan data terbuka di internet sebagai data pendukung.

 

Karena memang tujuan Saya membuat situs web personal rurydermawan.id ini memiliki satu halaman khusus yang dinamakan Jurnal. Halaman Jurnal sebagai bentuk kegemaran Saya dalam menulis sekaligus melakukan pengamatan langsung. Adapun topik yang akan Saya angkat pada artikel ini yaitu dari segi pariwisata di destinasi yang sudah Saya kunjungi. Selamat membaca dan yang terpenting, semoga bermanfaat.

Kisah Balik Perjalanan ke Aceh

Serambi Mekah dan Tanah Rencong merupakan sebutan khas untuk Provinsi Aceh sebagai Daerah Istimewa di Indonesia sesuai dengan UU Nomor 44 Tahun 1999. Secara geografis Provinsi Aceh merupakan ujung paling barat di Pulau Sumatra dan memiliki posisi yang sangat strategis. Memiliki pulau terluar dan terdepan yang bernama Pulau Rondo dan titik 0 kilometer nya Indonesia berada di Pulau Weh.

Perjalanan Kegiatan Familiarization Trip ke Pulau Banyak merupakan sebuah Kisah Balik Perjalanan Ke Aceh yang pernah dilakukan pada tahun 2003 – Sekitar kelas 1 SMP. Pada waktu Saya kesana itu, Indonesia sedang diberikan cobaan dengan daerah operasi militer (DOM) di Aceh dengan munculnya kelompok bersenjata yang ingin menuntut kemerdekaan. Perjalanan pun dilakukan dengan seorang diri saja karena penasaran dengan Aceh pada waktu itu.

Singkat cerita, perjalanan seorang diri (flash solo trip) dan pertama kali melakukan perjalanan jauh pula ditempuh dengan sangat aman dan terlindungi. Kurang lebih perjalanan 4 hari menggunakan jalur udara-darat. Melewati banyak pos pemeriksaan dari TNI dan masih dapat pengalaman seru, yaitu bus yang Kami gunakan ditembaki dari arah yang tidak diketahui – Perjalanan malam hari.

Selama melewati pos pemeriksaan TNI, seluruh penumpang diwajibkan diperiksa baik identitas maupun rencana mereka. Selama pemeriksaan sepanjang perjalanan Saya selalu berhasil (tidak ditanya maksud dan tujuan ke Aceh begitu juga ditanya identitas nya) dengan aman karena kenalan baru Saya yaitu seorang jurnalis yang hendak mencari berita terkini di Aceh pada saat kondisi DOM.

Sampai saat ini pun perjalanan Saya ke Aceh sangat berkesan dalam hidup. Teman kelas maupun satu sekolah pasti tahu Saya ke Aceh karena cukup heboh, soalnya Saya menjadi buronan pihak sekolah dan keluarga hahaha. Tapi, alhamdulillah semuanya aman ko dan sebenarnya kondisi seperti di atas sangat kasihan karena timbul korban dari berbagai pihak. Semoga Aceh damai selalu dan Indonesia dapat saling menguatkan satu sama lain sesama saudara nya ya.

Inilah kilas balik Saya tentang Aceh yang sungguh meninggalkan jejak pada diri sendiri. Terkadang sebuah perjalanan apapun bentuknya, akan selalu terkenang ketika kita dapat mengunjungi suatu destinasi tersebut kembali. Terlebih lagi daerah tersebut memiliki banyak cerita dan kita masuk ke dalam nya dengan sedikit banyak kita berkontribusi pada nya.

Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil

Familiarization Trip ke Pulau Banyak Aceh Singkil Provinsi Aceh. Foto oleh: Afri Rizki
Familiarization Trip ke Pulau Banyak Aceh Singkil Provinsi Aceh. Foto oleh: Afri Rizki

Kabupaten Aceh Singkil merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten Aceh Singkil juga memiliki wilayah daratan yang menjadikannya daerah penghubung antara Banda Aceh – Medan – Sibolga dan kepulauan dengan pelabuhan transit untuk jalur barat Sumatra. Selain itu, wilayah Kepulauan Banyak langsung menghadap ke Samudra Indonesia sehingga dapat dikatakan Kabupaten Aceh Singkil memiliki Kepulauan Banyak terdapat pulau terdepan nya Indonesia dan di apit oleh Pulau Nias Sumatera Utara dan Pulau Simeulue Aceh.

Dapat dikatakan bahwa Kepulauan Banyak ini betul adanya karena memang betul banyak sekali pulaunya. Menurut informasi masyarakat setempat mengenai jumlah pulau sebelum tsunami mencapai 100 buah pulau, setelah tsunami masih ada sekitar 80 buah pulau. Dengan kondisi 5 pulau di huni oleh masyarakat dan 5 pulau dijadikan obyek wisata baik itu resort maupun taman wisata alam.

Pulau terbesar adalah Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu dan Pulau Palambak Besar, Pulau BalaiPulau Baguk, Pulau Palambak Kecil dan Pulau Sikandang. Pulau yang digunakan untuk kepentingan wisata umunya tidak jauh dari sekitar Pulau Balai sebagai Kecamatan Pulau Banyak. Sedangkan Kecamatan Pulau Banyak Barat berpusat di Kecamatan Haloban Pulau Tuangku.

Adapun pulau yang dijadikan obyek wisata adalah Pulau Tailana, Pulau Asok, Pulau Rangit, Pulau Palambak, Pulau Panjang. Ada juga beberapa pulau yang memang memfasilitasi wisatawan mancanegara pada saat musim surfing seperti di Ujung Lolok Pulau Tuangku dan Pulau Bangkaru.

Tidak seperti Kepulauan Seribu di Kecamatan Jakarta Utara yang jumlah nya tidak mencapai seribu. Pulau Banyak menyimpan beragam potensi wisata yang jika di kelola dengan semestinya akan memberikan manfaat yang luas. Terlebih lagi jumlah pulaunya yang mencapai puluhan dan tentunya masih banyak yang harus dilakukan secara gotong royong antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Dengan letak nya berada di serambi Samudra Hindia, maka akan terlintas pertanyaan bagaimana aksesbilitas menuju ke sana?

Aksesbilitas Menuju Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil

Dermaga Kecamatan Pulau Balai, Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Foto oleh: Rury Dermawan
Dermaga Kecamatan Pulau Balai, Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Foto oleh: Rury Dermawan

 

Untuk menuju ke Kepulauan Banyak Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh sementara ini (Desember, 2019) dapat di akses dari 3 titik kedatangan melalui udara jika Anda berasal dari luar Aceh. Pertama, Kualanamu International Airport – Deli Serdang Sumatra Utara dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan roda 4 selama 8-10 jam. Kedua, dari Aceh Airport melalui Banda Aceh dengan menggunakan kendaraan roda 4 selama 10-12 jam. Ketiga, dari Silangit Airport – Sumatra Utara dengan menggunakan kendaraan roda 4 selama 4-5 jam. Sementara yang paling efektif dan efisien adalah melalui pintu kedatangan melalui Kualanamu Airport, Sumatera Utara.

Sesampainya di kota Singkil baiknya usahakan malam hari hingga tengah malam supaya dapat istirahat terlebih dahulu di penginapan yang ada di Singkil. Lalu pada keesokan harinya, Anda dapat melanjutkan perjalanan kembali pada penyeberangan pagi hari menuju Kecamatan Pulau Banyak di Pulau Balai. Perjalanan melalui laut dengan perahu kayu bermesin tempel hingga ferry dapat ditempuh selama 2-4 jam.

Untuk memudahkan Anda menjelajahi potensi wisata yang ada di Kepulauan Banyak, dapat menggunakan kapal kayu bermesin dengan isi 8-10 orang per-kapal. Sebagian besar operator kapal kayu juga dapat menjadi pemandu ke pulau-pulau yang bagus dan lokasi menginap sesuai dengan budget Anda. Karena lokasi nya berada di kepulauan, ada baiknya untuk menjelajahi ke Kepulauan Banyak pada bulan 4-8.

Nah, sebenarnya 2 tahun lalu sudah pernah aktif penerbangan langsung dari Medan menuju Singkil dengan pesawat perintis. Namun sekarang, bandara tersebut dinonaktifkan hingga tahun 2020 ada rencana untuk membuka kembali bandara tersebut untuk melakukan penambahan landasan pacu agar dapat didarati pesawat dengan kapasitas 60-80 seat.

Potensi Pariwisata di Kabupaten Aceh Singkil

Provinsi Aceh menyimpan potensi wisata alam baik di bahari nya maupun di daratan nya. Tidak terkecuali Kepulauan Banyak di Kabupaten Aceh Singkil. Saya diberikan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Banyak diantaranya:

1. Pusat kota Kabupaten Aceh Singkil sebagai pintu masuk dari dan menuju 2 Kecamatan Kepulauan Banyak. Sarana pelabuhan menggunakan kapal laut ferry dan dermaga kecil perahu tradisional tersedia. Kantor pemerintahan seperti kantor bupati, masjid besar, akomodasi penginapan sekelas melati dan berbagai macam warung makan dan tempat nongkrong ada.

2.   Tidak jauh dari pusat kota kabupaten, terdapat salah satu tujuan wisata yaitu Rawa Singkil yang terletak di Kampung Rantau Gedang. Daya tarik nya adalah ekowisata ke rawa yang sangat kaya akan flora dan fauna. Melihat langsung ekosistem rawa yang kompleks menjadi seru karena kehadiran orang hutan dan burung-burung migrasi di waktu yang tepat membuat kegiatan ekowisata menjadi pengalaman yang di cari!

3.    Pulau Balai sebagai Kecamatan Pulau Banyak. Di sini merupakan pusat kegiatan dari aksesbilitas transportasi, akomodasi, logistik untuk konsumsi, fasilitas kesehatan publik, pelabuhan dan dermaga, menara telekomunikasi, SPBU, pusat administrasi kecamatan, layanan jasa wisata dan lainnya.

4.    Pulau Tailana, Pulau Palambak, Pulau Panjang sebagai pulau wisata yang sudah menyediakan akomodasi berupa cottage eco-friendly dan ramah lingkungan. Disekitaran pulau juga memiliki perairan laut yang jernih dan bersih didominasi dengan terumbu karang dan pasir yang putih. Tidak luput juga pepohonan kelapa yang siap untuk dinikmati kesegaran buah nya.

5.    Pulai Rangit dengan bangunan mercusuar nya dapat dikunjungi untuk melihat lansekap sekitar Pulau Rangit. Seharusnya lebih di jaga lagi dan memikirkan arsitektur yang lebih ramah dengan alam. Karena nyatanya bangunan yang baru 6 tahun ini sudah seperti bangunan puluhan tahun yang tidak terawat. Tetapi bersyukur bahwa pemandangan alam nya benar-benar indah.

6.    Keramah tamahan masyarakat sekitar sungguh terasa walaupun Saya tidak terlalu banyak berkomunikasi. Tetapi beberapa masyarakat dengan senang bercerita tentang pulau mereka dan aktivitas mereka. Biasanya interaksi ini terjadi saat berada di tempat makan atau tempat minum kopi hingga di tempat akomodasi di Pulau Balai.

Secara garis besar, wisata yang potensial untuk dikembangkan adalah wisata bahari dan wisata kuliner laut. Terdapat dive centre di Pulau Banyak yang menyediakan peralatan selam diantaranya terdapat di Pulau Tailana dan Pulau Panjang, tetapi hanya pada bulan-bulan tertentu di buka nya mengikuti waktu terbaik untuk menyelam. 

Familiarization Trip Aceh Singkil

Peserta familiarization trip
Peserta familiarization trip

Tujuan dan target kegiatan adalah untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Singkil salah satunya adalah Kepulauan Banyak dan Rawa Singkil. Setelah adanya perkenalan destinasi wisata diharapkan peserta yang merupakan pengusaha pariwisata ini dapat menjual dan mendatangkan wisatawan sesuai dengan segmentasi pasar nya. Selain itu yang tidak kalah penting adalah sebagai ajang silaturahmi sesama organisasi.

Adapun peserta kegiatan terdiri dari berbagai daerah dan perusahaan pengusaha pariwisata. Di bawah ini adalah para peserta yang ikut serta dalam kegiatan Familiarization Trip ke Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil:

  1. Faisal: Traverious Tour & Travel – Kota Banda Aceh (www.traverious.co.id),

  2. Afri Rizki: Banda Aceh,

  3. Cahaya Natalie Ginting: Cahaya Bintang Holidays – Kota Medan (www.cahayabintangtour.com),

  4. Merry: Cahaya Bintang Holidays – Kota Medan (www.cahayabintangtour.com),

  5. Febriantoro Wibowo: Atour – Jakarta,

  6. Hanz Hanura: Hall 36 Tour & Travel – Kota Bandung (hall36tourstravel@gmail.com),

  7. Nong Ima: Nong Ima Cahaya Nusantara Tour & Travel – Kota Serang,

  8. Ratih W Nurrasa: D’Sun Tour & Travel – Kota Bekasi (www.mataharikita.com),

  9. Nur Syafatin Safie: Routers Tours & Travel Sdn. Bhd – Penang, Malaysia (www.speedmex.com.my),

  10. Yeni Ismady: Felicita Tours & Travel DMC; Kingfisher Resort – Kota Padang,

  11. Joseph Sugeng Irianto: Rex Tours & Travel – Kota Bandung,

  12. Rury Dermawan: Travacello Tours & Travel – Jakarta (www.travacello.com).

 

Feedback, Kesan dan Pesan

Secara keseluruhan mengenai potensi wisata di Kabupaten Aceh Singkil khusus nya di pulau-pulau yang dikunjungi dalam keadaan yang sangat baik dan indah. Kami menikmati perjalanan yang disediakan oleh Bang Faisal sebagai panitia penyelenggara program Familiarization Trip ke Pulau Banyak  mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Sepertinya masih banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan dan dijelajahi, hanya saja perlu waktu khusus untuk mengunjungi itu semua.

Pendapat para peserta Familiarization Trip ke Kepulauan Banyak sebagian besar memberikan perhatian khusus kepada akses dari dan menuju Aceh Singkil yang cukup jauh yaitu 8-10 jam perjalanan darat (roda empat – Elf 18 seat) dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang. Karena memang para peserta mempunyai umur diatas 35 tahun. Jika masih milenial tentunya akan menjadi pengalaman yang seru karena dapat mengunjungi destinasi wisata di sepanjang perjalanan, terutama di daerah Sidikalang, Brastagi bahkan Danau Toba.

Pembangunan bandara akan berpengaruh kepada kemudahan kunjungan dan mempersingkat waktu tempuh perjalanan dan dapat digunakan untuk wisatawan lebih lama menghabiskan waktunya di Pulau Banyak. Tentunya menjaga kesehatan juga karena dampak dari kelelahan di perjalanan. Semoga saja rencana mengaktifkan kembali bandara Aceh Singkil dapat terlaksana.

Di waktu yang akan mendatang. Pertimbangan mengenai faktor keselamatan juga ikut menjadi perhatian mulai dari pemilihan transportasi yang baik, akses jalan dari Deli Serdang-Singkil semoga semakin baik, peralatan keselamatan di perahu sudah disediakan, pemilihan waktu yang baik untuk berkunjung dan, ketepatan waktu yang tertata dengan lebih baik lagi (supaya bisa jelajah pulau lebih banyak sih hahaha).

Karena Kami tidak merasakan menginap di cottage, sementara ini Saya belum dapat memberikan ulasan mengenai hal tersebut. Namun, tampak dari luar sepertinya akan seru banget kalau menginap di cottage dan merasakan ‘menyepi’ di Pulau Banyak. Untuk kebutuhan listrik di setiap pulau menggunakan genset berbahan bakar solar. Sedangkan kebutuhan jaringan telekomunikasi dan internet sudah sangat baik dan lancar jika menggunakan penyedia seperti Telkomsel dan Three.

Utusan Perwakilan Dari Travacello

Travacello.com
Travacello.com

Saya dimintai bantuan sebagai senior accociate oleh Travacello.com, dimana pada kesempatan kali dapat mengunjungi Pulau Banyak di Aceh Singkil. Saya mengucapkan terima kasih keapda Mas Jonathan sebagai CEO Travacello. Karena dipercaya untuk mewakili perusahaan nya dalam kegiatan Familiarization Trip ke Pulau Banyak.

Tak pernah ragu bahwa ucapan akan benar menjadi doa dan kemungkinan terkabul pun ada. Dahulu pada tahun 2015 Saya begitu tertarik ke Pulau Banyak. Walupun Saya tidak mengunjungi pulau terluar nya, tetapi alhamdulillah sudah sampai di Pulau Banyak!

Travacello merupakan salah satu dari tour operator yang khusus kepada program wisata alam dan budaya. Selain itu style nya cocok banget untuk kaum milenial dan ingin mendapatkan pengalaman lebih dari berbagai program wisata nya. Memang sebagian besar program wisata nya lebih ke Indonesia bagian timur. Oleh karena itu, dalam program Familiarization Trip ke Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, semoga Travacello membuat program yang menarik untuk para konsumen nya.

Oh ya, jika Anda sudah mempunyai rencana ingin berlibur di akhir tahun ini coba deh main ke situs web nya Travacello di www.travacello.com, siapa tau ada promo menarik di akhir tahun! Jangan mau ketinggalan informasi nya juga dan terus kepoin akun Instagram nya di @Travacello.

Sampai Bertemu Di Kesempatan Berikutnya

Transportasi masyarakat di Rawa Singkil, Aceh Singkil Provinsi Aceh. Foto oleh: Rury Dermawan
Transportasi masyarakat di Rawa Singkil, Aceh Singkil Provinsi Aceh. Foto oleh: Rury Dermawan

Saya atas nama perwakilan dari Travacello mengucapkan
Terima Kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh dan Dinas
Kebudayaan (@disbudpar_aceh) dan Pariwisata Kabupaten Aceh
Singkil atas terselenggaranya acara 
Familiarization Trip ke Pulau
Banyak, Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh
 tanggal 7-10 Desember
2019. Tidak luput juga kepada rekan-rekan pengusaha pariwisata Indonesia dan
Malaysia sudah silaturahmi dan sudah membuat pengalaman perjalanan bersama yang
menyenangkan dan berkesan. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Semoga Provinsi Aceh dapat membuat pariwisata Aceh
lebih maju dan bersaing dan unggul. Semoga para pengusaha dapat mendatangkan
wisatawan nya ke Pulau Banyak, Aceh Singkil. Jika ada undangan #FamTrip lagi
boleh untuk berkabar ya! J

———————————————————————–

*Tulisan ini di buat pada tanggal 20
Desember 2019 Pukul 14:59 WIB di Bekasi Jawa Barat, Indonesia.