6 Wilayah Pelatihan Kampanye Sadar Wisata 5.0

Pembukaan Program Kampanye Sadar Wisata 5.0 di Yogyakarta Tahun 2022

Kemenparekraf bersama dengan program Kampanye Sadar Wisata 5.0 berupaya membangun SDM yang unggul dan tangguh serta mandiri. Dengan adanya program Pelatihan Kampanye Sadar Wisata 5.0, masyarakat di Desa Wisata didorong untuk mampu membangun desa.

Apa itu Kampanye Sadar Wisata 5.0? Kampanye Sadar Wisata 5.0 adalah sebuah program berkelanjutan yang terdiri dari sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan penghargaan dalam upaya mengembangkan wisata di desa dengan menerapkan peran kemajuan teknologi.

Alhamdulillah, Penulis diberikan kesempatan berharga oleh Kemenparekraf untuk mengikuti ToT Kampanye Sadar Wisata 5.0. Training of Trainer dilakukan untuk dapat menjadi narasumber di Kampanye Sadar Wisata 5.0 di Pelatihan Pengembangan Inovasi Produk Wisata dan Kapasitas Bidang Parekraf.

Foto Bersama Kemenparekraf dan Narasumber Kampanye Sadar Wisata 5.0 Tahun 2022

Adapun jumlah total calon trainer yang mendaftar mencapai 2.200 orang, lalu terpilih menjadi 32 narasumber baru dan puluhan narasumber berasal dari tenaga ahli di tahap sosialisasi dan master trainer pembuat modul. Dalam kesempatan kali ini, Penulis sebagai praktisi mewakili Pesona Desa Nusantara serta mendapatkan rekomendasi dari Komunitas CAVENTER Indonesia. Selain dari praktisi, berbagai narasumber juga terdiri dari akademisi di perguruan tinggi dan politeknik pariwisata.

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Peta Kawasan Super Prioritas Nasional. Sumber: Kementerian PUPR

Dimana saja lokasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Indonesia? Lokasi tersebut terletak di 10 wilayah pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN yang menjadi prioritas Pemerintah, yakni Danau Toba (SUMUT), Bromo-Tengger-Semeru (JATIM), Borobudur (JATENG), Wakatobi (SULTRA), Lombok (NTB), Tanjung Kelayang (BABEL), Labuan Bajo (NTT), Morotai (MALUT), Manado-Likupang-Bitung (SULUT), dan Raja Ampat (Papua Barat). Dari 10 KSPN akan dipilih menjadi 6 Wilayah Pelatihan Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang sudah dilaksanakan untuk program tahun 2022-2023.

Kemenparekraf membuat salah satu program Kampanye Sadar Wisata 5.0 dengan tujuan untuk membangun kapasitas SDM. Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang terdiri dari sosialisasi, Pelatihan Pengembangan Inovasi Produk Wisata dan Kapasitas Bidang Parekraf, pendampingan dan apresiasi kegiatan di tahun 2023.

Pemaparan Oleh Ibu Florida Pardosi Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf Republik Indonesia.

Rangkaian kegiatan sosialisasi, pelatihan, pendampingan, sampai apresiasi ditujukan untuk para pelaku pariwisata terbaik dari desa wisata. Desa wisata yang mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi sebanyak 65 desa dan ada 6.500 masyarakat dan lebih dari 7.700 Pelaku Usaha Lokal yang terlibat. Adapun desa wisata yang terpilih wajib mengirimkan perwakilan nya sebanyak 15 orang untuk mengikuti program Kampanye Sadar Wisata.

Kampanye Sadar Wisata 2022

Apa tujuan Kampanye Sadar Wisata 5.0 diselenggarakan? Tujuan nya adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa wisata dalam pelayanan wisata dan pengembangan produk wisata secara inklusif dan terintegrasi dengan kawasan 6 DPP P3TB yang disasaar untuk peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

Ibu Fidy Dari PT. Innerindo Selaku PCO Kampanye Sadar Wisata 5.0 Tahun 2022-2023.

6 Wilayah Pelatihan Kampanye Sadar Wisata 5.0 berlangsung di Lombok, Labuan Bajo, BYP(Borobudur-Yogyakarta-Prambanan), Toba Samosir-Kab. Tapanuli Utara, BTS(Bromo-Tengger-Semeru) dan Wakatobi. Desa wisata yang ikut dalam kegiatan Kampanye Sadar Wisata 5.0 sebanyak 65 desa(terdiri dari 975 peserta). sebanyak 90 desa wisata tambahan akan mengikuti kegiatan sosialisasi di tahun 2023.

Apa tujuan Kampanye Sadar Wisata 5.0 diselenggarakan? Tujuan nya adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat desa wisata dalam pelayanan wisata dan pengembangan produk wisata secara inklusif dan terintegrasi dengan kawasan 6 DPP P3TB yang disasar untuk peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat.

ToT Kampanye Sadar Wisata 5.0 Kemenparekraf oleh Master Trainer Bapak Kusmayadi 2022.

Adapun tahap pelatihan terdiri dari beberapa modul materi yang terdiri dari:
Materi A (Inovasi Produk)

  • Sustainable Tourism/Green Tourism
  • Exploring
  • Packaging
  • Presentation

Materi B (Kapasitas Bidang Parekraf)

  • Paket Wisata
  • Homestay
  • Kuliner
  • Cinderamata

Materi C (Kewirausahaan)

  • Business Plan
  • Digital Keuangan
  • Digital Marketing
  • Digital SDM

Desa Wisata Terpilih

Narasumber Ibu Titing Kartika & Penulis, Berfoto Bersama Peserta Pelatihan Kampanye Sadar Wisata 5.0 Kampung Ngupasan dan Kampung Sayidan Yogyakarta.

InsyaAllah, di rurydermawan.id juga akan membagikan perkembangan Program Kegiatan Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang sebagian tahap sudah dilaksanakan. Adapun desa yang pernah dilatih oleh penulis adalah Desa Wisata:

  1. Desa Wisata Senteluk, Nusa Tenggara Barat;
  2. Desa Wisata Gili Gede Indah, Nusa Tenggara Barat;
  3. Kampung Ngupasan, D.I Yogyakarta;
  4. Kampung Sayidan, D.I Yogyakarta;
  5. Desa Situngkir Pulau Samosir, Sumatera Utara;
  6. Desa Huta Tinggi Pulau Samosir, Sumatera Utara;
  7. Desa Poncokusumo, Kab. Malang, Jawa Timur;
  8. Desa Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur;
  9. Desa Kulati, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan
  10. Desa Tanomeha, Kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Konten secara singkat tentang Program Kegiatan Kampanye Sadar Wisata 5.0 di Desa Wisata Terpilih juga di posting oleh akun @Pesonadesaid.

Jadi, tunggu konten selanjutnya yaaa!

***

Sumber:

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Verified by MonsterInsights