5 Cara Beternak Ayam Elba Petelur di Rumah

rurydermawan-jual-telur-ayam-kampung-elba-di-kabupaten-bandung-082248168174

Kebutuhan konsumsi telur ayam semakin tinggi dan terbilang sangat penting untuk selalu menyediakannya di rumah. Salah satunya kita mengenal telur ayam kampung yang berwarna putih dan kecil serta banyak memiliki manfaat. Termasuk diantaranya adalah Ayam Elba Petelur di rumah untuk memenuhi kebutuhan protein hewani keluarga.

Merujuk istilah ayam kampung adalah ayam strain yang cara beternak nya dengan cara di umbar. Sedangkan jika ayam tersebut selalu di kandang ada yang menyebutnya sudah bukan ayam kampung lagi. Sedangkan kalau dari genetiknya, Ayam Elba merupakan perkawinan ayam dari timur tengah dengan ayam kampung lokal.

rurydermawan beternak ayam elba petelur di kebun dapur
Beternak Ayam Elba Petelur di kebun dapur.

Menurut pengamatan penulis dari hasil produksi telur Ayam Elba petelur sangat tinggi dan relatif membutuhkan pakan yang sedikit. Sehingga Ayam Elba petelur dapat menjadi alternatif untuk menghemat biaya pakan dan memaksimalkan produksi telur ayam nya. Ditambah lagi, Ayam Elba petelur juga tahan terhadap penyakit yang selama ini ditakutkan oleh para peternak ayam.

Dibawah ini saya merangkum kedalam 5 Cara Beternak Ayam Elba Petelur di Rumah. Cara beternak Ayam Elba petelur sudah saya terapkan dengan sesederhana mungkin untuk konsumsi keluarga hingga dapat dijual ke pedagang telur di warung hingga pasar terdekat.

1. Mendapatkan Penjual Indukan Ayam Elba

Peredaran bibit Ayam Elba masih terbatas dan biasanya ada di wilayah Jawa Tengah, karena disanalah asal muasal bibit ayam ini berasal. Saya mendapatkan bibit ini dari ayamelba.com yang menyediakan berbagai macam produk. Adapun produknya mulai dari telur fertil, DOC(Day Old Chick ayam berumur 1 hari), Anakan umur 3 bulan dan paket Ayam Elba yang sudah siap bertelur.

Penulis membeli Indukan Ayam Elba Petelur dari ayamelba.com

Akan ada banyak pembibit Ayam Elba yang menawarkan hasil karya nya, baik itu Ayam Elba murni atau yang Ayam Elba silangan. Penting untuk memperhatikan hal tersebut karena kita akan beternak dalam jangka panjang. Khusus untuk beternak di lahan terbatas, saya menyarankan untuk membeli paket indukan Ayam Elba petelur jantan dan betina dengan perbandingan 1:4.

Berjejaring membangun wawasan di Grup Peternak Ayam Elba Petelur Indonesia

Kamu dapat mencarinya di google atau di grup komunitas Facebook. Disana akan sangat banyak hal yang dapat dipelajari sebelum memulai beternak Ayam Elba petelur. Setelah itu konsultasikan kepada pemilik tentang rencana kamu, tanyakan juga terkait cara pengiriman ke alamat kamu ya.

2. Membeli Bibit Calon Indukan Ayam Elba Petelur

Pengemasan paket Calon Indukan Ayam Elba Petelur dari Kota Semarang

Pada tanggal 20 Februari 2023, akhirnya Saya memutuskan untuk membeli Paket Calon Indukan Ayam Elba Petelur Asli. Ayam Elba petelur yang dipilih adalah yang berumur 3,5 bulan sebanyak 5 ekor dengan rincian 1 ekor jantan dan 4 ekor betina. Pembayaran dilakukan secara transfer dan saya meminta untuk dikirimkan di hari senin nya ke Stasiun Kereta Api Kiaracondong Kota Bandung Jawa Barat dari Semarang.

Selama tidak lebih dari 8 jam Ayam Elba pun sudah datang dan saya mengambilnya menggunakan motor. Secara pengemasan sederhana sekali yaitu dengan menggunakan keranjang kayu buah namun tetap aman. Setelah Ayam Elba calon indukan datang di kebun, penanganan pertama kali dengan memberikan vitamin anti stress yang dicampurkan air sumur.

Pemberian makan dilakukan pada sore harinya. Sebenarnya sangat penting untuk mendokumentasikan paket Ayam Elba dari semenjak serah terima dengan ekspedisi hingga sampai dirumah yaa. Lalu periksa kembali apakah sudah sesuai atau belum dan segera memberi kabar ke penjual bahwa paket yang kamu terima aman dan sesuai.

3. Membuat Kandang Ayam Dengan Baik

Kandang ayam anti stress

Ayam merupakan salah satu hewan yang mudah stress dan jika hal tersebut terjadi maka, akan berdampak kepada produktifitas telurnya. Salah satu cara untuk mengantisipasi stress adalah dari penyediaan kandang Ayam Elba yang baik. Perhatikan kondisi kandang ayam berada, apakah ada diperumahan padat penduduk atau tidak. Lakukanlah pendekatan agar rencana beternak berjalan dengan baik.

Ayam sangat menyukai tidur dengan menangkring di dahan kayu

Kandang Ayam Elba petelur terdiri dari beberapa kompartemen penting yaitu ruang tidur ayam, ruang bertelur ayam dan ruang ber-aktivitas(main, makan dan minum). Total luas minimal kandang Ayam Elba bisa mencapai 2 meter x 1.5 meter, jika lebih dari itu sesuaikan dengan jumlah Ayam Elba yang akan diternak. Saya membuat kandang Ayam Elba bertingkat berupa ruang tidur dan bertelur ada di lantai atas dan lantai bawah merupakan ruang aktivitas bermain lalu tempat makan dan minum.

Bahan material kandang Ayam Elba menggunakan bambu sebagai tiang-atap-rangka dan triplek sebagai jendela dan alas kotoran untuk dipanen. Karena kandang Ayam Elba yang saya buat bertingkat maka, saya menambahkan tangga untuk akses keluar-masuk kandang. Kandang ini juga berfungsi untuk mencegah ayam diumbar ketika saya akan berpergian atau bergantian dengan jantan Ayam Kate yang sudah mulai berkelahi.

Kandang ayam petelur yang rapih dan bersih serta nyaman untuk ayam

Terpenting dari membuat kandang Ayam Elba yang baik adalah membuat sirkulasi udara dan penyaluran cahaya matahari. Tidak terlalu dingin di malam hari maupun tidak terlalu panas di siang hari. Manfaat kandang Ayam Elba terpapar sinar matahari adalah untuk mengeringkan kotoran ayam yang ada di area ruang tidur dan ruang bertelur.

Oh ya, faktor kunci lainnya adalah menyediakan tangkringan untuk tempat tidur ayam. Karena Ayam Elba sangat senang nangkring untuk tidurnya. Supaya ayam dapat tidur dengan bahagia dan mimpi indah.

Penggunaan alas kandang dari sekam padi, bubuk arang dan pasir supaya kandang tidak bau. Foto oleh majalahinfovet.

Pembuatan alas kandang juga sangat penting untuk menjaga kandang Ayam Elba tetap bersih dan tidak terlalu menyengat. Cara tersebut dapat mensiasati alas kandang Ayam Elba menggunakan sekam padi dicampur dengan tanah dan pasir serta arang yang ditumbuk halus. Setelah alas kandang tersebut sudah ditata dengan merata, lakukan penyemprotan menggunakan cairan fermentasi campuran EM4 atau menggunakan disinfektan di seluruh kandang.

Perawatan ini tidak hanya sebelum Ayam Elba petelur masuk kandang, tetapi juga treatment per-3 bulan sekali dengan memutar balikan alas kandang selama 1 tahun. Jika kotoran ayam nya ingin dipanen sebagai pupuk kandang, bisa dipanen atau dibersihkan kandang selama 2 hari sekali lalu dilakukan penyemprotan dengan larutan EM4. Salah satu keuntungan Ayam Elba petelur diumbar yaitu untuk menjaga kesehatan supaya tetap bugar dan tidak stress karena terlalu lama di kandang.

Layout permaculture design untuk kebun dapur. Foto oleh permaculturevisions

Perlu diingatkan kembali bahwa kita harus membuat zona berternak dan berkebun untuk kebutuhan dapur. Sehingga akan direncanakan siklus sirkular yang saling memenuhi. Sebut saja permaculture design yang harus dipenuhi jika kita akan membuat kebun dapur di lahan tertentu.

4. Merawat Ayam Elba Petelur

Saya menargetkan mendapat manfaat berupa telur maka, penting untuk tetap menjaga Ayam Elba petelur tidak stress dan selalu bahagia. Dengan mengikuti 5 Cara Beternak Ayam Elba Petelur di Rumah, akan relatif lebih siap menjaga dari serangan penyakit. Selain itu, berternak Ayam Elba Petelur memiliki keuntungan produksi telur per-ekor mencapai 300 butir dalam setahun.

Saya baru belajar berternak Ayam Elba petelur sehingga saat artikel ini dibuat juga masih ada hal yang perlu diperbaiki. Namun, yang saya perhatikan merawat Ayam Elba petelur cukup mudah bagi saya yang belum rajin merawat. Dengan sistem umbar atau dilepas keluar kandang akan mempermudah perawatan karena ayam akan semakin sehat jika diumbar.

Cara melihat kondisi kesehatan Ayam Elba dapat melihat dari kotoran nya. Ada beberapa warna kotoran Ayam Elba yang perlu diperhatikan sebagai indikator kesehatan pencernaan ayam. Semakin banyak asupan organik dan tersedia di kebun sebenarnya InsyaAllah akan selalu terjaga kesehatannya.

Perlunya mengenali beragam penyakit yang dapat terlihat dari kotoran ayam

Perhatikan juga bulu-bulu Ayam Elba petelur apakah sering rontok atau tidak. Karena ini merupakan salah satu indikator tingkat stress ayam pada umumnya. Sehingga perlu ditangani segera.

Karena Ayam Elba merupakan ayam petelur. Maka, cara melihat kesehatan juga dapat dilihat dari telur yang keluar yaitu apakah memiliki kecendrungan mengalami cacingan atau tidak. Jika telur memiliki guratan dan corak maka, perlu melakukan treatment pemberian obat cacing.

Ayam Elba petelur pastinya memerlukan pakan yang mengandung kalsium tinggi. Sehingga setiap pakannya perlu mengandung kalsium supaya ayam tidak mematuk telur nya sendiri.

Kenapa saya memelihara Ayam Elba petelur dengan komposisi 1 jantan dengan 4 betina? Karena sifat ayam yang sering sekali kawin maka, komponen betina minimal 4 maksimal 6. Karena ketika 2 betina sudah dikawini, maka pejantan akan mencari betina berikutnya untuk dikawini.

Dalam sehari Ayam Elba jantan jika diperhatikan mampu kawin hingga dengan 4-5 betina. Sehingga jika hal tersebut terpenuhi Ayam Elba Jantan akan lebih bahagia. Serta betina siap untuk selalu bertelur.

Lalu bagaimana dengan yang memiliki lahan terbatas jika ingin beternak Ayam Elba petelur? Kamu bisa menggunakan kandang baterai namun, tentu akan berdampak terhadap kebahagiaan ayam. Sebenarnya luas lahan atau kebun seluas 10 meter pun sudah bisa berternak ayam 1 jantan dengan 4 betina dengan sistem semi umbar di dalam kandang.

Kandang ayam baterai berbahan dasar plastik di BukaLapak.

Untuk yang memiliki lahan atau kebun 100 meter bisa membuatkan ruang khusus ayam yang disekat dengan waring atau pagar bambu setinggi 2 meter. Walaupun begitu ayam tetap bisa melayang tinggi, tapi tidak akan terjadi jika tidak dikejar-kejar.

Bagaimana dengan suara Ayam Elba bagi tetangga? Nah, ayam merupakan alarm alami di pagi hari namun ada beberapa orang yang tidak suka terganggu oleh suara ayam sehingga kita harus pintar-pintar bersosialisasi.

5. Mengelola Ayam Elba Petelur

Mengelola disini dapat berupa menjual telur, memanfaatkan kotoran Ayam Elba petelur dan melakukan rotasi pengembangbiakan calon indukan Ayam Elba petelur baru secara mandiri. kenapa kita harus mengelola Ayam Elba petelur dengan baik? Karena jika tujuan awal berternak untuk kebutuhan konsumsi protein hewani sudah terpenuhi maka, bisa berkembang lebih luas lagi kedepannya.

Prospek jual telur ayam kampung

Harga telur ayam kampung di beberapa daerah sangat variatif mulai dari Rp.2.000/butir sampai dengan Rp.4.000/butir. Kita bisa mengikuti harga tersebut. Sedangkan harga telur Ayam Elba petelur yang fertil(telur yang akan menjadi calon bibit Indukan Ayam Elba Petelur) bisa mencapai Rp.5.000/butir sampai dengan Rp.10.000/butir.

Ayam Elba petelur yang saya ternak mampu memproduksi telur ayam kampung 3 butir per-harinya, beberapa kali sampai 5 butir per-dua hari.

Panen telur ayam elba mencapai 3 butir per-hari hingga 5 butir dalam 2 hari di Kebun Dapur Food Shelter Indonesia.

Terkait tentang Pakan Ayam Elba petelur atau food consumption rate(FCR) yang terdiri dari kebutuhan pakan dan Komposisi Pakan Ayam Elba Petelur. Dimana kebutuhan pakan Ayam Elba petelur sebesar 70 gram/ekor/hari selama pemberian pakan pagi dan sore. Berarti saya membutuhkan pakan sejumlah 10,5 kg pakan untuk 5 ekor dalam 30 hari.

Komposisi pakan Ayam Elba Petelur setidaknya harus terdiri dari:

  • Konsentrat: 30%
  • Dedak/Bekatul: 30%
  • Jagung pecah: 40%
  • Vitamin: Bubuk rimpangan
  • Probiotik: Campur pakan dengan EM4
  • Fermentasi Air Minum: campuran air dengan EM4
  • Cemilan Ayam: Sayuran atau dedaunan yang disukai ayam dan buah yang terpisah dari makanan utama
  • Kalsium: Bubuk cangkang telur atau bekicot yang ditumbuk halus

Untuk kebutuhan pakan berarti sekitar 3 kg konsentrat + 3 kg bekatul + 4 kg jagung pecah untuk semua pakan utama selama sebulan. Pemberian minum fermentasi bisa dilakukan setiap hari dan sebaiknya melakukan pembersihan tempat minum dan penggantian air jika tidak menggunakan sistem minum tetes.

Pakan ayam elba petelur didominasi oleh jagung, konsentrat berupa tepung ikan dan karbohidrat.

Kenapa menggunakan pakan dan minum ber-fermentasi untuk pakan Ayam Elba petelur? Yaitu karena ingin menjaga kualitas telur dan juga bermanfaat untuk kesehatan Ayam Elba petelur itu sendiri. Selain itu pemberian pakan dan minum fermentasi juga akan berdampak kepada feses kotoran ayam yang lebih sehat.

Pada akhirnya kita menjaga supaya kandang tidak berbau dan tetap sehat bagi ayam maupun ke lingkungan sekitar. Memanfaatkan kotoran Ayam Elba petelur juga salah satu cara pengelolaan dengan baik supaya mendapatkan nilai tambah. Kotoran ayam termasuk salah satu sumber nitrogen yang dibutuhkan untuk tanaman sebagai pupuk.

Kotoran hewan dari ayam sangat bermanfaat untuk pupuk tanaman sayur dan buah sebagai sumber nitrogen.

Kotaran hewan dari Ayam Elba salah satu pupuk terbaik untuk meningkatkan perkembangan tumbuhan sayur dan buah di kebun, tentunya berkebun dan berternak akan saling menguntungkan.

Apakah Kamu tahu bahwa Ayam Elba petelur itu tidak mengerami telur nya? Ya, mereka tidak mengerami telurnya sehingga Ayam Elba petelur menjadi sangat produktif karena tidak mengalami fase mengeram selama 21 hari. Namun, naluri induk ayam tetap ada sehingga dapat menjadi nilai tambah ketika Saya akan memperbanyak calon indukan Ayam Elba petelur. Karena saya mendapatkan 13 anak ayam yang ditetaskan oleh induk seacara alami.

Ayam Elba petelur yang ternyata sedang mengerami telurnya.

Dari total telur yang menetas ada 13 butir dan menjadi 13 anakan. Namun, karena seleksi alam hanya tersisa 6 ekor calon indukan Ayam Elba petelur yang terdiri dari 2 jantan dan 4 betina. Alhamdulillah atas izin Allah, sudah diberkati generasi Ayam Elba petelur yang InsyaAllah siap menjadi Ayam Elba petelur lebih banyak. Tentunya merupakan kewajiban kita untuk mengelola Ayam Elba petelur dengan lebih baik lagi supaya mendapatkan manfaat dari hewan lugu tersebut.

Alhamdulillah, walaupun tidak berniat dikembangbiakan telah menetas dan bertahan 6 ekor calon indukan Ayam Elba Petelur di Kebun Dapur.

Demikian artikel tentang 5 Cara Beternak Ayam Elba Petelur di Rumah yang semoga saja dapat menjadi inspirasi. Manfaatkan dengan baik lahan terbatas bahkan lahan menganggur untuk kebutuhan dapur kalian. Karena fungsi dari membuat Kebun Dapur adalah untuk ketahanan pangan keluarga lebih baik lagi kedepannya.

Leave a Reply

%d bloggers like this:
Verified by MonsterInsights