3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan

3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan

Aloha traveler! Lebih tepatnya calon traveler. Kenapa Saya bilang nya ‘calon’? Karena ini kan masih awal tahun 2020 broo, liburan 2020 masih lamaa. Yaudah lah gpp, selagi awal tahun nih masih semangat.

Saya mau menulis preparation step liburan nya dulu lah, supaya pas liburan 2020 udah tinggal go! Preparation step ketika liburan ada banyak macam salah satu nya adalah Membuat Itinerary Liburan. Kenapa sih harus membuat preparation step atau langkah persiapan liburan 2020? Yang utama agar supaya liburan kita berjalan dengan sesuai rencana, yaa walaupun 100% gak sesuai rencana, minimal gak berakhir di wacana aja sih.

Membuat Itinerary Liburan sungguh sangat menyenangkan dan biasanya yang membuat ini tour leader(ketua kelompok liburan) kalian ya gak sih. Dari mulai keberangkatan hingga kepulangan sosok tour leader ini lah yang akan mempersiapkan segalanya, sampai urusan mau kentut aja di atur. Untuk Kamu yang sukanya duduk manis dan bertugas beli cemilan biasanya jauh-jauh dari yang namanya ngurusin beginian, iya apa iya?

Yaudah, sekarang di baca baik-baik nih 3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan. Sesudah baca artikel Membuat Itinerary Liburan, nanti kalian copy-paste gpp ko, ikhlas! Asal di ajak liburan aja yaa.

  1. Essay Itinerary

    Suka mengarang bebas acuungg! Tipikal anak IPS banget nih (Ilmu Pengetahuan Sosial – Jenjang penjurusan sekolah menengah pertama). Tipe essay itinerary ini benar-benar mengarang bebas tapi terukur. Kalau gak terukur, nanti ditakutkan tour leader nya curhat pengalaman sama si mantan pas lagi liburan -_-

     

     

    Membuat Itinerary Essay. Oleh Rury Dermawan
    Membuat Itinerary Essay. Oleh Rury Dermawan

    Nah, Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Essay Itinerary biasanya akan sangat jelas dan detil, karena benar-benar diceritakan segala sesuatu nya. Contoh Membuat Itinerary Liburan Essay:

    Hari Pertama

    Budi dan Andi harus datang paling pertama di Stasiun Pasar Senin jam 19:00 WIB untuk cetak tiket kereta api (Download aplikasi KAI – Supaya gak perlu cetak tiket). Sedangkan Gita dan Rani akan menyusul kemudian dengan membawa logistik yang akan di sharing di stasiun. Gw datang agak telat dari kalian ber-empat soalnya nganterin gebetan bos makan malem sama klien kantor (tenang, makan malam gw yang traktir)

    Setelah semuanya berkumpul, Kita akan menaiki kereta api jurusan Lempuyangan, Yogyakarta untuk selanjutnya ganti kereta menuju Banyuwangi. Sarapan nya di kereta aja yaa, ada nasi goreng atau ayam geprek lumayan buat ganjelan.

    Hari Kedua

    Kita akan ganti kereta di Stasiun Lempuyangan menjadi kereta jurusan rumah mantan Stasiun Banyuwangi Kota. Masih dalam perjalanan di kereta sampai menjelang tengah malam kita akan sampai di stasiun Banyuwangi Kota pada pukul 23:00 WIB. Kita akan istirahat di penginapan sekitar stasiun, di sanana ada Mushola yang luas banget teras nya dan banyak musafir seperti kita yang akan numpang tidur.

    Kalau sudah sampai di Stasiun Banyuwangi Kota pastinya laper banget, soalnya variasi menu dan rasa makanan di kereta “B ajah”. Kalau menurut penilaian 1-10, menu makanan di kereta api nilai nya adalah 6. Di depan stasiun ada yang jual sate Madura pake lontong pokoknya ajiibbb! Sikaaatt! Baru deh cari tempat Tiduuurr!

    Hari Ketiga

    Udah bangun, udah seger udah mandi soalnya, terus kita langsung packing. Setelah itu langsung menuju ke pelabuhan Ketapang jalan kaki aja biar irit deket ko, 5 menit sampai (PHP dari tour leader mulai keluar – Biasanya team mates nya gampang di-PHP-in, soalnya belum pada pernah backpacker-an wkwkwk).

    Setelah menginjakan kaki di Pelabuhan Gilimanuk – Bali, kita cari bus yang ke arah Kota Denpasar. Jangan lupa foto-foto biar gak di sangka hoax kalo udah pernah ke Bali! Sebelum sampai di Denpasar Budi segera Whatsapp Bli I Gede (ini nama loh ya, bukan anunya eh itunya #gimanasih).

    Langsung sewa mobil avanza dan gak usah pakai driver biar bebas (walaupun tour leader nya baru sekali ke Bali, tapi PEDE aja – Soalnya pake Google dan sudah baca Itinerary Liburan ke Bali). Udah dapat sewa mobil, kita keliling Denpasar sampai GWK sampai mengejar sunset (asyik gak tuh itinerary nya). Malem nya kita santai-santai di pantai sambil makan seafood di Jimbaran.

    Selesai jalan-jalan, baru deh kita check in di sekitaran Legian buat ajeb-ajeb eh mabok eh jajan(cemilan loh ya) baru deh istirahat. Oh ya, Rani pastiin lagi voucher hotel nya udah beres ya sebelum berangkat (Download Aplikasi Traveloka biar liburan gampang). Jangan lupa kita langsung check out after breakfast sepagi mungkin, soalnya kita harus ke Bali Timur dan Bali Utara.

    Daaannn seterusnya sampai kembali lagi ke rumah masing-masing. Kalau Kamu baca dengan seksama dalam tempo waktu yang singkat lumayan tergambarkan. Mau kemana, mau ngapain aja, mau pergi sama siapa, siapa harus menghubungi siapa, harus memastikan apa aja supaya gak miss, lagi di mana, sama siapa, semalam berbuat apa #lohkokOkee Well ….. Lanjuuuttt!

    Download Format Membuat Itinerary Liburan Essay

  2. Time per Time Itinerary

    Gimana, Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Essay Itinerary panjang banget ya! Bagaimana Cara Membuat Itinerary Liburan 8 Hari coba?! Bisa-bisa benar mengarang bebas tuh. Tapi tenang, masih ada pilihan lainnya yaitu Cara Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Time per Time Itinerary.

    Kalau menggunakan Time per Time Itinerary bakalan lebih rapih dan terukur, karena menggunakan waktu di semua aspek. Selain itu, Membuat Itinerary Liburan lebih terjaga dari keterlambatan jadwal kereta/bus/kapal laut/pesawat.

    Berikut contoh Membuat Itinerary Liburan Dengan Cara Time per Time Itinerary:

    Membuat Itinerary Time per Time. Oleh Rury Dermawan
    Membuat Itinerary Time per Time. Oleh Rury Dermawan
  3. Gabungan Antara 1 & 2

    Nah, 3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan yaitu ketiga nya adalah gabungan antara Essay itinerary dan Time per Time Itinerary. Sebenarnya Saya lebih menyukai yang ketiga karena cukup informatif. Tambahannya hanya pada gambar/titik kordinat(jika ada) dan lebih panjang di tabel pastinya. Nih, contoh yang ketiga dalam Membuat Itinerary:

    Membuat Itinerary Mix. Oleh Rury Dermawan
    Membuat Itinerary Mix. Oleh Rury Dermawan

    Saya juga menambahkan point of interest nya di tabel supaya anggota yang malas baca langsung searching sendiri point of interest nya si destinasi atau obyek wisata. Namanya juga itinerary, masih ada potensi untuk berubah secara fleksibel. Bahkan pas liburan, itinerary juga ada yang gak kepakai hahaha.

     

    Inti dari 3 Cara Mudah Membuat Itinerary Liburan adalah merencanakan program liburan dengan baik. Adapun kalau ada kesepakatan no plan itu lebih menantang, tapi nanti akan berhubungan dengan price quotation tour (harga paket  wisata) nya. Oh ya, ngerti gak dengan Price Quotation Tour? Kalo gak ngerti, tunggu artikel setelah ini membahas tentang Bagaimana Cara Membuat Tour Quotation yaa!

    Download Format Membuat Itinerary Liburan Mix

     

Oh ya, sekedar referensi Membuat Itinerary bisa juga menggunakan Canva untuk desain yang bagus. Soalnya kalau pakai excel kan standar, yang penting tertulis kan. Nah kalau pakai Canva lebih berwarna, ketika dibagikan kepada team bakalan gak bikin bosen. Kalau ada aplikasi bagus yang membuat itinerary kasih tau ya.

Pakai Trello kalau liburan ke destinasi yang kompleks dan membutuhkan pembagian peran yang banyak. Mengantisipasi supaya tidak ada yang terlewat lebih baik. Selain itu mengantisipasi membengkaknya budget liburan karena banyak obyek wisata yang dikunjungi diluar rencana! Sharing dong sama itinerary liburan Kamu seperti apa.

“The best survival is prepare the plan.”

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *